Selasa, 27 Juli 2010

Demi Sesuap Nasi

"Astaghfirulloh.. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun". Sekitar jam 6 sore menjelang malam gw lewat jalan casablanca arah ke tanabang. Tujuannye mao ke Plasa Semanggi anter barang pesenan. Di pinggir jalan casablanca tersebut, berjejer orang banyak, dari anak kecil sampe orang tua, mereka melambaikan tangan ke mobil yang lewat. Berharap ada mobil yang berhenti di depan mereka lalu mengajak mereka masuk dan jalan entah kemana. Yup, mereka sedang bekerja, bekerja jadi joki 3 in 1!

Yang bikin gw istighfar adalah, saat itu sudah masuk waktu maghrib! Kapan mereka sholat? Gw yakin 100% mereka semua adalah muslim. Okelah kalo anak-anak gw maklumin, tapi ini ada dan bahkan banyakan orang tua atau minimal sudah baligh. Kewajiban sholat jelas udah ada dipundak mereka. Dan yang anak-anak seharusnya juga jangan dibiarin begitu walaupun belum wajib sholat. Nabi mengajarkan anak 7 tahun sudah dibiasain sholat dan kalo udah 10 tahun gak sholat "digebuk". Mao jadi apa mereka kelak ya Alloh...

Gw aja merasa bersalah pengen maghrib keluar rumah. Tapi karna udah janji dan gak mao ngecewain ya udah gw jalan juga, berharap maghrib udah sampe lokasi jadi bisa sholat. Sayang akhirnya maghrib dijalan. :(

Melihat saudara-saudara muslim gw begitu perasaan jadi ngenes. Tapi kalo dipikirin lebih jauh dan positif, mungkin mereka terpaksa begitu. Mereka juga sebenernye gak mao kaya gitu. Mereka juga pengen sholat di masjid atau di rumah dengan tenang. Bukan ada dijalan dihantem angin debu. Itu karna ada yang mereka cari, yaitu duit! Ya, mereka perlu duit buat keperluan mereka. Yang paling penting adalah buat makan, sesuap nasi istilahnye.

Ya Alloh.. Jakarta emang keras. Nyari duit emang susah. Gw aje yang kadang harus kerja malem udah merasa gak enak. Orang pada berangkat tidur eh gw berangkat kerja. Tapi kalo melihat mereka, gw masih bersyukur. Wajib malah! Gw masih bisa tidur di kantor yang pake AC, masih bisa maen internet, setel musik, nontol film. Coba liat mereka yang dijalan. Banyak debu, suara bising, dan masih banyak lagi yang kaga enak. Tapi mereka bertahan, usahain, karna mereka perlu makan. Kalo gak kerja gak makan!

Ya Alloh mudahkan usaha mereka dalam mencari rizki-Mu. Istiqomahkan mereka dalam usaha yang halal dan hindari mereka dari mencari yang haram. Amin.

Semoga saja waktu maghrib yang tersisa masih sempet buat mereka sholat maghrib. :)