Selasa, 03 Februari 2009

Akhlaq

Apa sich akhlaq? Akhlaq itu bisa diartikan adab, budi pekerti, sikap, dan sejenisnya. Penting gak sich kita memperhatikan akhlaq? Oh tentu saja. Akhlaq itu sangat penting. Bahkan Rasululloh aj diutus oleh Alloh untuk menyempurnakan akhlaq. Lebih penting mana akhlaq ama fiqih (ibadah) ?

Ada satu buku yg berjudul "Akhlaq lebih penting daripada fiqih". Gw blm baca tuh buku jd gak tau alasan penulis mengatakan demikian. Tp menurut gw, akhlaq itu harus berbarengan dengan fiqih. Coba deh pikir, klo ada orang yang ibadahnya rajin tp akhlaqnya jelek. Atau sebaliknya, ada orang yang akhlaqnya bagus banget, sopan, ramah, tapi solatnya jarang bahkan setahun sekali. Pasti orang2 yang demikian punya nilai minus di mata manusia, pun Alloh.

Oleh karna itu, gw mengajak diri gw sendiri dan lo 2x yg baca ini buat lebih perhatian ma akhlaq, memperbaikinya, sehingga kita menjadi orang yang lebih baik, di hadapan manusia maupun Alloh. Bahkan kata Nabi, orang yang paling dia cintai adalah yg paling baik budi pekertinya. Gw juga pernah baca suatu ungkapan (lupa ini hadits atau bukan) "Kamu tidak akan pernah bisa memuaskan manusia dengan hartamu, puaskanlah mereka dengan akhlaqmu yg baik". Klo di pikir2 bener jg ye, kite aj klo dikasih duit pasti maunya banyak, gak bakal puas! Tp klo kite liat orang yang akhlaqnya bagus, seperti ulama, hati kite terasa tenang.

Waallohua'lam.
Wassalam.