Selasa, 16 Februari 2010

From Zero to Hero

Luar biasa, ga nyangka. Ga pernah gw berpikir bakal secepat ini "karir" gw di masjid melejit. Dulu gw bukan apa-apa. Hanya jama'ah biasa. Itu karna gw jarang jama'ah di masjid. Gw lebih sering sholat di rumah. Pengajian aja gw jarang dateng. Paling cuma pengajian malam Rabu asuhan (alm) KH. Abdul Halim Husen. Itupun karna dipaksa bokap. Gw ga bergaul ma orang-orang. Gw lebih sering maen ma temen-temen sekolah. Pernah beberapa kali diajak gabung ke PRISMA, sebuah organisasi remaja di masjid gw, tapi gw ga nanggepin. Karna gw malu, minder, males, dll! :D

Tapi semua berubah sejak gw diundang buat bentuk kepengurusan remaja yang baru. Saat itu ada yang melihat remaja seperti sudah "mati". Tidak ada kegiatan remaja. Merasa ga enak, akhirnya gw datang. Hanya beberapa orang yang hadir, mungkin sekitar 10-15 orang. Maka dibentuklah kepengurusan kecil-kecilan. Gw hanya ikut-ikutan aja. Ga tau harus ngapain, ga tau posisi yang gw pilih itu buat apa. Maklum newbie soal organisasi. :)

Pada waktu itu direncanakan akan ada pengajian remaja. Dan ketika waktu yang telah disepakati untuk pembukaan pengajian tiba, ternyata batal! Tidak ada yang datang. Gw juga bingung kok ba'da Isya sepi-sepi aja masjid. Yah...cuma planning doang pikir gw waktu itu!
Selang beberapa Minggu akhirnya pengajian terlaksana juga. Yang ngaji juga sedikit banget. Tapi karna gw pengen maju dan pengen bisa, gw istiqomah selalu hadir. Apalagi pas sadar klo ilmu gw itu masih "cetek". Makin semangat gw belajar. Walaupun cuma berdua yang hadir, gw tetep ikut. Disinilah titik balik perjalanan gw di lingkungan masjid.

Minggu ke minggu pengajian terus berjalan. Gw terus bertahan tanpa absen sehari pun. Sampai akhirnya menjelang Ramadhan gw ditawarin jadi pengurus zakat, langsung jadi sekretaris pula! Gila, pengalaman belom punya harusnya kan jadi "anak bawang" dulu. Mungkin karna gw jurusan komputer kali jadi kan urusan ngetik eces lah.. Pikir gw gitu.

Ramadhan waktu itu, gw juga punya prestasi. Selain beberapa terobosan di kepengurusan zakat, gw juga ga pernah absen ikut tadarus AlQur'an setiap malem di masjid. Padahal itu pertama kalinye gw gabung. Singkat cerita, karna keaktifan di masjid yang stabil, tahun berikutnya gw dipercaya megang zakat lagi. Kali ini lebih gila lagi, jadi ketua! Bujug dah, ilmu cetek begini jadi ketua. Berat banget bebannye. Sempet nolak, tapi karna support guru dan pengurus masjid akhirnya gw terima.

Tugas jadi ketua zakat beres dengan baik walaupun ada beberapa rintangan yang klo gw ceritain jadi panjang nih tulisan. Selang beberapa bulan, datang bulan Muharram. Ada ide dari seorang temen mao hudupin lagi kegiatan pekan muharram yang dulu pernah diadain tapi dah lama vakum. Ya gw sih setuju-setuju aja orang gw kaga ngerti, dulu cuma jadi peserta.

Tanpa panjang lebar dikagetin dah tuh rapat pembentukan panitia pekan muharram. Disini amanat datang lagi ke gw. Ketakutan gw ditunjuk jadi ketua bener-bener kejadian. Polling pendapat gw dapet suara terbanyak. Shock juga gw. Buta banget urusan gituan langsung jadi ketua. Sampe rumah pikiran gimane caranye nih. Trus juga kepikiran entar penutupan sambutan gimane nih. Gw kan grogi ngomong di depan umum. :(

Tapi berkat keikhlasan, kemauan yang kuat, dan kerja keras, semua sukses! Gw dianggap berhasil adain lagi acara yang udah lama banget tidur. Hasil kerja gw juga jadi contoh buat kepanitiaan berikutnye. Termasuk pas gw jadi seksi acara di tahun-tahun itu. Banyak ide-ide gw yang masih dipake sampe saat ini. Alhamdulillah, seneng bisa berbuat banyak.

Setelah dua kali ngadain pekan murarram, pengurus masjid melihat perlunye prisma dihidupin lagi. Jadi waktu itu, prisma cuma nama, ga ada kepengurusannye. Aneh ye?! Nah, kelar acara muharram yang kedua itu, diadainlah pembentukan prisma yang baru. Sempet diunggulin bakal jadi ketua, untungnye ga jadi. Lega...berat juga soalnye jalaninnye.

Klo inget proses pembentukan prisma yang baru, ada yang ngenesin ada juga yang bikin ketawa. Yang ngenesin, waktu pemilihan ketua di puncak. Berharap temen-temen belajar berdemokrasi eh ada aje yang ngajarin ga baner. Pake provokasi buat milih si fulan, tujuannye bukan buat kebaikan tapi buat lucu-lucuan! Masya Alloh. Pengurus udah kluar duit banyak buat banti biaya transport ke puncak eh acaranye dimaenin. Dah gitu yang provokasi yang gede lagi. Madikipe ngajarin junior yang kaga bener!

Nah cerita yang lucunye, beberapa hari setelah pemilihan ketua diadain tuh pembentukan pengurus lainnye. Semua remaja diundang. Setelah sambutan bla bla bla, mulai dah tuh pemilihan pengurus. Gw kaget, heran, agak aneh plus lucu juga. Semua yang dateng dimasukin kepengurusan! Trus ada juga bagian/seksi yang agak janggal. Pikir gw kok gitu sich?! Dalam hari gw ketawa juga liat begitu. Udah kaya maenan aje ga serius. Tapi gw ikut aja, karna gw kan cuma sebagai bendahara waktu itu.

Bersambung...